Berbagai fungsi dan Keunggulan Beton Bertulang yang Harus Diketahui

 

Berbagai Fungsi dan Keunggulan Beton Bertulang – Jika Anda sedang berada di tengah-tengah membangun rumah impian Anda, istilah di perkuat beton bertulang pasti akan cukup familiar. Apalagi jika rumah yang akan Anda bangun adalah rumah bertingkat.

Maka dalam proses penggunaan Beton Bertulang mungkin wajib ada dalam petunjuk hunian Anda. Bagaimana ini digunakan dan di fungsikan dalam keseluruhan struktur bangunan tempat tinggal Anda?, kenali lebih jauh tentang beton bertulang.

 

Apa itu Beton bertulang yang Diperkuat?

 

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang Berbagai Fungsi dan Keunggulan Beton Bertulang, ada baiknya kenali dulu pengertian beton bertulang. Bahan beton bertulang ini terbuat dari beberapa material, yakni terdiri dari campuran pasir, kerikil atau batu pecah, semen dan air. Meskipun memiliki kuat tekan yang tinggi, namun sayangnya material beton memiliki kuat tarik yang rendah.

Sehingga akan sangat mudah retak bahkan hancur ketika terjadi tegangan tarik akibat beban, susut, dan perubahan suhu. Untuk memberikan kekuatan tarik pada beton, digunakan tulangan baja pada bagian dalam beton yang dapat memberikan kekuatan tarik yang tidak di miliki beton. Instruksi ini kemudian di kenal sebagai struktur yang di perkuat.

 

berbagai fungsi dan keunggulan beton bertulang

 

Keuntungan Menggunakan Beton Bertulang

 

Setelah mengetahui Berbagai Fungsi dan Keunggulan Beton Bertulang, berikut beberapa keuntungan menggunakan beton bertulang pada bangunan yang perlu Anda ketahui. Meskipun struktur baja lemah terhadap beban tarik, namun kuat tekan yang di miliki oleh beton bertulang lebih tinggi di bandingkan material struktur lainnya.

Baca Juga :

Harga Ready Mix Jakarta

Harga Ready Mix Depok

Harga Ready Mix Terbaru

Selain itu, adanya baja tulangan untuk mengatasi masalah kuat tarik menjadikan struktur beton bertulang. Lebih kuat dan cenderung memiliki kekuatan lebih di bandingkan bahan struktur lainnya. Memiliki kuat tekan yang relatif lebih tinggi dari kebanyakan material lainnya.

Struktur beton bertulang sangat kuat, tahan api dan air. Tidak membutuhkan biaya perawatan yang tinggi. Di bandingkan dengan bahan lain, beton bertulang bertulang memiliki umur pemakaian yang sangat lama. Sangat unik untuk tapak, dinding basement, alas jembatan, dll.

 

Apa Saja Fungsi dan Keunggulan Beton Bertulang?

 

Salah satu ciri beton bertulang adalah kemampuannya untuk di cetak menjadi berbagai macam bentuk. Mulai dari pelat sederhana, balk, klem sederhana hingga atap kubah dan cangkang besar. Di sebagian besar wilayah, beton bertulang di buat dari bahan lkal yang murah (pasir, kerikil, air). Kemudian membutuhkan semen dan baja yang relatif sedikit yang mungkin harus di impor dari tempat lain.

Keterampilan tenaga kerja yang di butuhkan untuk membangun struktur beton lebih rendah jika di bandingkan dengan material lain seperti baja struktural. Umumnya ketika terjadi peristiwa kebakaran dan banjir, material beton yang padat dapat melindungi tulangan beton bertulang dari api dan air. Sehingga umumnya kerusakan hanya akan terjadi di permukaan saja.

Di bandingkan dengan instruksi lain, struktur yang diperkuat juga unggul dalam hal perawatan. Tidak hanya mudah dan praktis dari segi perawatan. Biaya perawatan struktur beton bertulang juga relatif lebih rendah sehingga menjadi salah satu petunjuk yang umum digunakan pada rumah modern. Yang mengutamakan kenyamanan dalam hal perawatan.

 

Peran Beton Bertulang Untuk Konstruksi Bangunan

 

Konstruksi beton bertulang juga memiliki daya tahan yang tinggi. Struktur ini dikenal dengan keawetan dan keawetan nya di bandingkan dengan material lain. Apalagi kandungan kimiawi dalam semen pada beton cenderung semakin membatu (semakin kuat) seiring dengan bertambahnya usia struktur beton.

Dari segi biaya konstruksi, konstruksi beton bertulang yang terbuat dari bahan alkaline seperti pasir, kerikil, air dan bahan lainnya menjadikan konstruksi beton bertulang cukup bersahabat di kantor. Tidak hanya biaya bahan untuk pembuatan dan pemasangan konstruksi beton bertulang yang lebih mudah dan mencukupi dengan tenaga ahli yang rendah, namun juga membuat biaya pengerjaan menjadi relatif lebih rendah.

Sekarang Anda lebih cenderung mengerti bukan bagaimana peran dan pentingnya keberadaan Beton Bertulang dalam bangunan rumah Anda. Dengan memahami fungsi dan cara kerja beton bertulang, tentunya desain rumah tidak hanya akan semakin nyaman, Anda juga bisa menambahkan lebih banyak bentuk dan penjelasan desain yang tidak hanya menarik secara tampilan, tetapi juga secara struktural benar.

Itulah Berbagai Fungsi dan Keunggulan Beton Bertulang yang harus kita ketahui dalam konstruksi bangunan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita semua.

Call Now Button
Nego Via Whatsapp