TIPS PENGECORAN BETON COR YANG BAGUS – Pekerjaan cor beton mungkin terlihat sepele namun akan menjadi hal yang fatal jika kita tidak mengerti standard pengecoran beton yang baik. Dalam melakukan pengecoran perlu adanya beberapa hal yang harus diperhatikan agar nantinya beton tidak mudah keropos, retak atau bahkan roboh. Tentu hal yang demikian tidak kita inginkan bukan…? untuk itu supaya tidak mengalami kerugian akibat kecerobohan kita, maka harus diperhatikan dengan teliti. Kita harus pandai-pandai mendalami fakta di lapangan yang kadang tidak sesuai dengan teori.

Pemilihan beton harus sesuai dengan mutu dan kebutuhan konstruksi. Untuk itu kita harus memahami kriteria beton cor yang akan digunakan dalam pengecoran. Beton cor harus memiliki sifat yang kuat, permukaan rata, datar, tegak, cepat dalam pembuatan, tidak keropos dan retak.

tips pengecoran beton cor yang bagus

 

TIPS PENGECORAN BETON YANG BAGUS

 

Melihat hasil pengecoran yang bagus tentu akan membuat kita puas dalam pekerjaan. Untuk itu harus benar-benar diperhatikan sehingga tidak mengecewakan di kemudian hari. berikut ini adalah 10 Tips Pengecoran Beton yang Bagus.

 

1. BASAHI LAPISAN YANG AKAN DI COR

 

Sebelum dilakukan nya pengecoran, pada tahapan awal adalah dibasahi dengan air atau pelumas pada sisi dalam nya. Usahakan diberi pelumas yang tidak meninggalkan bekas setelah pengecoran.

 

2. STRUKTUR DESAIN HARUS BENAR

 

Desain dalam struktur bangunan yang akan di lakukan pengecoran menggunakan beton haruslah benar. Ini meliputi pemilihan bahan material seperti besi, mutu beton dan semua hal yang mendukung untuk dilakukan nya pengecoran. Perhitungan struktur bangunan harus sangat diperhatikan karena inilah kunci keberhasilan dalam pekerjaan konstruksi beton.

 

3. MENGGUNAKAN MUTU/KUALITAS BETON YANG BAIK

 

Sudah tidak di pungkiri lagi bahwa semakin tinggi kualitas suatu barang makan akan mendapatkan hasil yang lebih bagus. Memilih mutu beton yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pengecoran. Misal saja ketika kita hendak melakukan pengecoran beton untuk konstruksi lantai gudang. Apabila menggunakan beton cor dengan mutu dibawah < K350 maka pasti konstruksi beton tidak akan bertahan lama karena daya tekan beton tidak akan mampu menahan beban yang sering dilalui kendaraan dengan muatan yang berat. Hal ini akan membuat sia-sia pekerjaan kita dan tentu saja akan membuat biaya produksi yang dikeluarkan jauh lebih besar lagi.

Beton cor  K350 >up memang sudah di buat untuk konstruksi dengan daya tekan dan beban yang berat seperti untuk pengecoran lantai pabrik, gudang, jalan propinsi, landasan pacu pesawat terbang dan lain-lain.

 

4. BEKISTING DIPERSIAPKAN DENGAN BENAR

 

Dalam pemilihan bekisting harus benar-benar diperhatikan. Perhitungan bekisting pun harus dirinci dengan jelas sehingga tidak terjadi pemubadziran  material yang akan digunakan. Hal yang perlu diperhatikan adalah kekuatan bekisting beserta tiang-tiang penyangga. Jangan sampai kesalahan-kesalahan kecil dapat membuat penyangga roboh dan merugikan. Namun tidak pula terjadi pemborosan. Hitung secara detail dan rinci sehingga pengeluaran dana yang minimal dan mendapatkan hasil yang baik.

 

5. KETEBALAN ADUKAN LAPISAN COR BETON

 

Lapisan adukan cor beton harus memiliki ketebalan tertentu harus berurutan dari bawah. Tujuan nya dalah agar lapisan tertentu dapat menyatu dengan lapisan bawah. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai, perlu bantuan alat penggetar (VIBRATOR) supaya struktur beton menjadi padat.

 

6. JANGAN SAMPAI TERJADI PEMISAHAN BUTIRAN 

 

Dalam pengecoran bertulang, hal ini harus sangat diperhatikan. Pengecoran harus dijaga jangan sampai terjadi pemisahan butiran. Apabila bentuk tulangan pada dasar beton dan bekisting cukup rapat, maka perlu diberi batu tahu beton dengan tebal 3 Cm.

 

7. KETINGGIAN PERMUKAAN BETON

 

Apabila ketinggian permukaan beton memiliki ketebalan yang lebih dari yang disarankan konsultan teknik, maka sisa air yang mengumpul setelah dilakukan nya pengecoran harus segera dibuang. Pengecoran harus benar-benar selsai dalam 1 jam setelah material beton keluar dari mesin pengaduk beton atau truk mixer. Kecuali ada pengecualian dari konsultan teknik. Jika pelaksanaan pengecoran dihentikan, maka lokasi sambungan harus ditempatkan pada posisi yang benar secara vertikal atau horizontal dengan membuat permukaan kasar atau bergerigi. Hal ini ditujukan untuk menahan gesekan antara beton dan membentuk ikatan antara sambungan beton berikutnya.

 

8. PENGECORAN HARUS CONTINUE

 

Dalam pelaksanaan pengecoran harus dilakukan continue hingga mencapai posisi sambungan yang telah direncanakan pada skema gambar atau menurut anjuran konsultan teknik.

 

9. MENGGUNAKAN POMPA BETON (CONCRETE PUMP)

 

Penggunaan pompa beton (concrete pump) sangat dianjurkan dalam pengecoran beton. Selain pekerjaan yang lebih efisien dari segi waktu dan tenaga kerja, dengan menggunakan pompa struktur dan permukaan beton terlihat lebih rapi dan rata.

 

10. PERAWATAN BETON

 

Perawatan atau curing beton harus dilakukan setelah selesai pengecoran. Contoh dalam pengecoran balok dan lantai, karena permukaan lantai yang terbuka dan luas maka harus dilakukan penyemprotan air dengan alat penyemprot dan diarahkan langsung ke permukaan beton. Untuk kolom atau dinding, karena area tertutup oleh bekisting maka perawatan yang harus dilakukan adalah dengan menyiram pada bagian atas kolom atau dinding tersebut. Setelah dinding dibongkar maka bisa di curing atau compound pada dinding beton dengan menggunakan bahan kimia.

Itulah tips pengecoran beton yang bagus. Sebelum melakukan pengecoran perlu dipersiapkan dengan matang dan jangan sampai melakukan pengecoran ketika semua belum dipersiapkan dengan sempurna. Dengan persiapan yang baik maka hasil yang dihasilkan pun akan menjadi bagus.

Kami juga melayani pengecoran beton baik skala kecil dan besar di wilayah JABODETABEK, BANTEN, JAWA BARAT DAN LAMPUNG. Bagi yang ingin melakukan pengecoran atau sekedar berkonsultasi tentang masalah pengecoran lebih dalam lagi bisa menghubungi No. Telp atau Whatsapp kami.

Call Now Button
Nego Via Whatsapp